Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Mei 20, 2009

pembelajaran "KOOPERATIF"

D. Prosedur Pembelajaran Kooperatif Pada dasarnya, kegiatan pembelajaran dipilahkan menjadi empat langkah, yaitu; (1) penjelasan materi; (2) belajar dalam kelompok; (3) penilaian; (4) pengakuan tim;. Setiap langkah dapat dikembangkan lebih lanjut oleh para guru pembingbing dengan berpegang pada hakekat setiap langkah sebagai berikut: 1. Penjelasan Materi Tahap penjelasan diartikan proses penyampaian pokok-pokok materi pelajaran sebelum siswa belajar dalam kelompok. Tujuan utama dari tahap ini pemahaman siswa terhadap poko metri pembelajaran, dalam tahap ini guru juga memberikan gambaran umum tentang materi yang harus dikuasai yang selanjutnya siswa dapat memperdalam lagi dalam kelompoknya, dalam hal ini juga guru dapat menggunakan metode ceramah, curah pendapat, dan lain sebagainya yang pada intinya guru sebagai media pembelajaran agar proses penyampaian dapat lebih menarik siswa, dengan begitu pengambilan keputusan tidak hanya ditunjang oleh intuisi dari pimpin